Lulus PLPG !!! Wajib baca ini

Latar Belakang

Latar belakang datakito.com memposting ini adalah karena di latar belakangi hasil dari PLPG yang telah keluar, dimana banyak guru yang telah lulus uji sertifikasi PLPG. Setelah daftar kelulusan peserta PLPG keluar cukup banyak guru yang konsultasi kepada saya selaku admin datakito.com mengenai seputaran hal yang berkaitan dengan tambahan penghasilan sertifikasi ini.
Selain itu saya juga ingin memberikan wawasan tambahan untuk guru yang baru saja lulus PLPG terkait dengan data Dapodik dan Info GTK, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti kesalahan-kesalahan data, yang bisa menyebabkan kurang bayar, terhambat bayar, atau bahkan tidak bisa di bayarkan karena kesalahan data.

Tujuan

Tujuan berita ini di buat adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan guru wawasan tambahan mengenai info GTK dan Dapodik terkait sertifikasi.
  2. Mengetahui langkah-langkah baik yang harus di lakukan oleh guru yang telah lulus PLPG agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan saat proses pembayaran mulai di lakukan.
  3. Mengetahui peran atau keterlibatan guru dalam menjaga data Dapodik.

Info GTK dan Dapodik

Ulasan mengenai Info GTK

Web info GTK adalah halaman website yang di peruntukan untuk guru dan tenaga kependidikan, selain itu pada info GTK ini menampilkan data-data yang terkait dengan Informasi data GTK tersebut. Dalam kepentingan sertifikasi info GTK merupakan web yang wajib di gunakan oleh Guru/Pendidik dalam mengecek atau memantau kebenaran datanya, kavalidan datanya sesuai real kondisi di lapangan.

Info GTK ini hanya bisa di akses oleh Guru tersebut sendiri melalui login pada website simpkb dengan alamat https://paspor.simpkb.id. Setelah guru tersebut berhasil login pada website simpkb barulah guru tersebut bisa mengakses menu layanan Info GTK yang terdapat di dalam website simpkb. Mengenai User dan Password simpkb bapak ibu guru bisa berkoordinasi dengan ketua kelompok kerja atau dengan ketua MGMP,  termasuk jika lupa password maka ketua kelompok kerja atau ketua mgmpnya bisa melakukan reset password anggota kelompok kerjanya.

Ulasan mengenai Dapodik

Dapodik adalah aplikasi pendataan data pokok pendidikan yang mana pada dapodik ini mencakup aspek-aspek penting dalam keperluan data sertifikasi guru, seperti data individual, data jam mengajar, tugas tambahan dan data-data lainnya.

Untuk menjaga data yang baik maka lakukanlah pengecekan data melalui Info GTK masing-masing, jika dalam pengecekan data di Info GTK menemui data yang salah atau tidak sesuai maka secepatnya melakukan koordinasi dengan operator dapodik di sekolah agar data yang salah atau keliru segera di perbaiki oleh operator.

Langkah-langkah pengecekan data GTK

Tahapan melakukan pengecekan data GTK sebagai berikut:

Membuka SIMPKB dan melakukan pengecekan oleh GTK

  1. Membuka web simpkb melalui link https://paspor.simpkb.id
  2. Memasukan User dan Password simpkb
  3. Klik Layanan Info GTK
  4. Lakukan pengecekan semua data yang tampil pada Info GTK
JIka dalam melakukan pengecekan data pada Info GTK terdapat data yang tidak sesuai atau salah segera melakukan koordinasi dengan Operator Dapodik sekolah untuk melakukan penyesuaian atau perbaikan data Dapodik.

Berlangganan update artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Lulus PLPG !!! Wajib baca ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel