Solusi tambah dan tarik PTK namun tidak masuk ke Dapodik


Data Kito - Akhir-akhir ini banyak operator yang bingung dengan alur penambahan PTK di Dapodik, karena secara teknis memang metode penambahan PTK berubah dari versi 2016 yang masih bisa tambah langsung pada aplikasi Dapodik lokal dan seiring pembaharuan aplikasi dan kebijakan akhirnya tambah PTK dilakukan Operator KKDATADIK.

Sebelum jauh mengulas pembahasan seputar Tambah dan Tarik PTK ! Apakah perbedaan antara ke dua ini ?

Tambah PTK dilakukan apabila PTK tersebut belum pernah terdata pada Aplikasi Dapodik, sedangkan Tarik PTK adalah penarikan data PTK pada suatu sekolah yang mana datanya sudah ada di Dapodik sekolah lain.

Lantas apakah perubahan teknis pada penambahan PTK? Untuk penambahan PTK harus melalui Operator KKDATADIK di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi untuk jenjang DIKMEN. Selain itu penambahan PTK biasanya di sertai dengan berkas-berkas dari sekolah sebagai ajuan penambahan PTK yang akan di tambahkan oleh Operator KKDATADIK, untuk berkas apa saja yang dilampirkan mungkin bisa menghubungi langsung ke pihak operator KKDATADIK.

Selain itu perubahan yang jelas di rasakan akhir ini adalah metode Tarik PTK, dimana pada sebelumnya tarik PTK dilakukan langsung oleh operator Dapodik secara langsung sekaligus melakukan konfirmasi tarik PTK melalui login akun operator pada link http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops . Namun pada rilisnya Dapodik versi 2018 ada kebijakan baru terkait dengan Tarik PTK, dimana operator sekolah hanya melakukan tarik PTK namun tidak bisa melakukan konfirmasi tarik PTK seperti sebelum-sebelumnya.



Setelah operator melakukan tarik PTK dari suatu sekolah maka operator sekolah harus menghubungi operator KKDATADIK, hal ini dilakukan agar data PTK yang telah operator tarik dapat di Konfirmasi oleh pihak operator KKDATADIK. Setelah itu baru operator sekolah melakukan sycronisasi pada Aplikasi Dapodik agar data Tarik atau Tambah PTK dapat masuk ke Dapodik Lokal.

Banyak pertanyaan yang saya terima terkait hal ini, seperti gambaran salah satu obrolan dengan operator sekolah seperti di bawah ini.

🤳cerita si mimin dan ops ganteng

🤵Ops Ganteng : Mas saya sudah tarik PTK dan sudah di konfirmasi dinas, ko belum muncul ya di Aplikasi Dapodik saya?

🕵️Mimin : Dapodiknya sudah di sycron apa belum pak?

🤵Ops Ganteng : belum pak, emang harus di sycron ya pak biar datanya masuk?

🕵️Mimin : (dalam hati) gubrakkkkkkkkkkkkk😂😂😂🤓🤓🤓🤓, dengan hati yang sabar akhirnya mimin sedikit memberi penjelasan ke Ops Ganteng.

"Untuk PTK yang sudah di tambahkan atau Tarik PTK yang sudah di setujui operator KKDATADIK agar bisa masuk ke Aplikasi Dapodik lokal maka operator sekolah harus melakukan sycronisasi pada Aplikasi Dapodik agar data dari server pusat masuk ke dalam Aplikasi Dapodik."

🤵Ops Ganteng : oaaaaallahhhhh, baiklah mas kalau seperti itu saya akan sycronkan Dapodik saya. Terim kasih atas bantuanya mas.

🕵️ Mimin : ok pak sama-sama

Singkat cerita mimin pun kembali beraktifitas, kelang beberapa menit kemudian Ops Ganteng kembali Japri di Whatsapp📲

🤵Ops Ganteng : Mas saya sudah sycronkan Dapodik tapi ko belum muncul jg ya?

🕵️Mimin : coba lakukan beberapa hal di bawah ini !!!!

  1. Bersihkan history dan cache pada web broswer yang di gunakan
  2. Lakukan CTRL+F5
  3. Masuk kembali ke Aplikasi Dapodik
  4. Klik menu PTK
  5. Klik Salin Penugasan
  6. Lakukan CTRL+F5 kembali
  7. Cek nama PTK yang belum masuk di menu PTK kembali (Tampilkan Semua PTK)

🤵Ops Ganteng : ok mas akan saya coba dulu.

🕵️Mimin : ok pak ( sembari menunggu hasil eksekusi )😂😂😂, tak lama kemudian akhirnya Ops Ganteng kembali membalas Whatsapp.📲

🤵Ops Ganteng : Alhamdullilah mas akhirnya PTKnya muncul juga. Terima kasih banyak mas atas bantuannya.

🕵️Mimin : kembali kasih pak😂😂😂

Bersambung,,,

Dari perbincangan di atas dapat di ambil pelajaran tentang cara mengatasi permasalahan yang terjadi seputar tarik dan tambah ptk.

Untuk rekan operator yang masih mengalami masalah dan belum terselesaikan bisa komen di bawah ini.(DK)

Berlangganan update artikel terbaru

13 Komentar untuk "Solusi tambah dan tarik PTK namun tidak masuk ke Dapodik"

  1. qiqiqiqi. berasa cerita saya

    BalasHapus
  2. saya sudah melakukan langkah2 di atas tetapi belum masuk juga ptk tersebut pak

    BalasHapus
  3. saya tetap ndak mau juga muncul namanya

    BalasHapus
  4. Saya sudah melakukan semua saran diatas tapi tetap saja ptk tersebut tidak muncul. Bagaimana solusinya pak?

    BalasHapus
  5. Saya sudah melakukan semua saran diatas tapi tetap saja ptk tersebut tidak muncul. Bagaimana solusinya pak?

    BalasHapus
  6. saya sudah melakukan cara2 diatas tapi belum masuk juga, mohon solusinya admin

    BalasHapus
  7. selamat pagi pak...mohon pencerahannya ....langkah yang pak kasih itu sya sudah lakukan tapi hasilnya tidak ada....saya sudah usul 5 bulan yang lalu tpi tidak ada hasil...admin mohon bantuannya

    BalasHapus
  8. saya sudah konfir kkdikab. untuk tarik ptk, setelah itu saya dinfokan harus tarik ptk tersebut pada aplikasi dapodik online, tapi yang menjadi masalah data list sekolah tk walaupun sudah di beritahu no npsn sekolah asal tersebut tidak ada di aplikasi dapodik dasmen go.id di versi dapodik 2018 dan dapodik.versi 2020. gimana solusi masalah tersebut.

    BalasHapus
  9. Hallo pak, bgmn cara login ke dapodik skolah baru ya? Karena data saya di dapodik skolah lama di nonaktifkan. Jdi ktika msuk ke dapodik sklh baru tdk bisa sycron. Mohon bantuannya pak. Terimakasih.

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum pa

    Ingin bertanya ttg fitur tarik pd.
    Di akun saya, data siswa dari SD swasta tidak muncul sama sekali, hanya ada SD negeri, ini solusinya bagaimana pa?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. Pak punten, saya kan waktu 2019 sekolah induknya di A. Tpi saya juga masuk di dapodik sekolah non induk di B. Nah sekarang saya udah ga ngajar lagi di sekolah A, dan sudah mutasi ke sekolah B. Sudah approuv jga sama dinasnya. Tpi kok data saya belum berubah sekolah induknya dan di PTKnya ga ada nama saya. Kenapa ya pak?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel