Persiapan sebelum melakukan Updater PMP ke versi 2.1


Data Kito - Sehubungan dengan adanya perbaikan dan pembaharuan pada Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dari versi 2.0 menjadi versi 2.1 maka ada beberapa hal yang sebaiknya di perhatikan oleh operator PMP.

Bagi operator yang sudah mengerjakan PMP tanpa ada kendala silahkan melanjutkan sampai final. Untuk yang sudah mengerjakan PMP versi 2.0 dan mengalami kendala-kendala tertentu ada baiknya melakukan Updater ke PMP versi 2.1.

Sebelum melakukan Updater operator harus melakukan backup data PMP yang sudah terisi terlebih dahalu demi keamanan.

Berikut adalah cara backup pada aplikasi PMP, Pada aplikasi PMP sudah terdapat menu Backup dan Restore, namun di beberapa kasus yang di temui file hasil Backup dari Aplikasi PMP tidak dapat di Restore. Namun, ada baiknya hal ini tetap operator lakukan. Adapun langkah Backup data dari PMP sebagai berikut :
  • Login menggunakan akun operator pada Aplikasi PMP
  • Klik menu Kirim Data
  • Lalu Klik Menu Backup
Maka akan terunduh 1 file hasil backup. Selain itu DK juga menyarankan operator untuk melakukan Backup data PMP yang sudah terisi secara manual dengan langkah sebagai berikut :

1.      Malakukan Stop PMPDB dan PMPWebSrv
Dengan cara sebagai berikut :
  • Bukan RUN, bisa dengan cara tekan pada keyboard "logo windows+r"
  • Setelah terbuka ketik "services.msc"
  • Setelah terbuka silahkan cari PMPDB dan PMPWebSrv lalu klik stop.
2.    Jika sudah sekarang bukak folder PMP di Program Files lalu copykan 2 folder yang bernama “database dan dataweb” ke tempat backup yang telah di siapkan (Flasdisk, dll)

Jika file folder database dan dataweb sudah berhasil di copy (backup) maka silahkan untuk melakukan start pada PMPDB dan PMPWebSrv kembali.

setelah itu operator dapat langsung melakukan Updater Aplikasi PMP, pada umumnya Updater tidak menyebabkan data yang telah terisi menjadi hilang, hal-hal di atas di lakukan demi keamaan terhadap data-data PMP yang telah di kerjakan namu belum melakukan pengiriman.

Untuk Aplikasi PMP Installer 2.1 dan Updater 2.1 dapat di unduh melalui link di bawah ini :

Berlangganan update artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Persiapan sebelum melakukan Updater PMP ke versi 2.1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel