Baru, Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019

SALAM SAPA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 
Salam Indonesia Cerdas... 
Para siswa Sekolah Menengah Atas yang kami banggakan… Para Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua yang kami hormati... 
Mengawali tahun 2019 ini, kami sampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. 
Bidikmisi adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. 
Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), untuk tahun 2019 telah ditingkatkan kuotanya hingga 50% lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar Program Bidikmisi dapat memberikan layanan bantuan yang lebih luas lagi kepada para siswa yang memerlukan.


Selain itu, pada tahun ini juga Kemenristekdikti bersama dengan Majelis Rektor PTN se Indonesia (MRPTNI) telah melakukan transformasi yang signifikan terhadap Sistem Seleksi Mahasiswa Baru, baik secara kelembagaan dengan dibentuknya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maupun secara substansi tes dan pelaksanaannya melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lebih dari satu kali. 
Dengan berbagai upaya lain yang dipadukan untuk lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terdidik, diharapkan negara dapat hadir memfasilitasi dengan lebih baik agar para siswa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar di jenjang pendidikan tinggi. 
Selamat mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tetaplah semangat meraih cita-cita…  Bidikmisi akan membantu siswa cerdas yang memiliki keterbatasan ekonomi…  Selamat berjuang...

APA ITU BIDIKMISI ?

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Bidikmisi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi; meningkatkan prestasi mahasiswa; menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan tepat waktu; dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif serta memiliki kepedulian sosial sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Penerima Bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya; memiliki potensi akademik baik  tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi.   

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Calon penerima bidikmisi wajib terdaftar pada sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSN dan NISN yang valid.

FASILITAS BAGI PENERIMA BIDIKMISI


  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi. 
  2. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 
  3. Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi. 
  4. Subsidi biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BIDIKMIS

  1. Program Sarjana maksimal 8 (delapan) semester; 
  • Program Profesi: 
  1. Dokter maksimal 4 (empat) semester 
  2. Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester 
  3. Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester 
  4. Ners maksimal 2 (dua) semester 
  5. Apoteker maksimal 2 (dua) semester 

PENDAFTARAN BIDIKMISI

Tata cara pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, dilakukan secara online melalui laman LTMPT (https://ltmpt.ac.id/)  atau laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

TAHAPAN PENDAFTARAN



Berlangganan update artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Baru, Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel